Keutamaan Istighfar

Oleh: H. Yasir Maqosid, Lc

(Pengasuh Ponpdok Pesantren Syafii Akrom Pekalongan)

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang secara sengaja atau tidak sengaja kita melakukan perbuatan dosa. Dosa ibarat debu, yang jika menempel dan tidak segera dibersihkan akan menyebabkan karat di hati. Sedangkan sarana membersihkan dosa adalah dengan bertobat dan membaca istighfar.

Allah adalah Dzat yang Maha Pengampun. Allah sangat mencintai hamba-Nya yang mau bertaubat, dan sangat murka terhadap hamba-Nya yang senantiasa melakukan maksiat.

Adapun faedah dari istighfar adalah sebagai berikut:

1- Istighfar Merupakan Sebab Diampuninya Dosa-dosa dan Dihapuskannya Kesalahan-kesalahan

Anas ra meriwayatkan bahwasanya dia mendengar Rasulullah saw bersabda; “Allah Ta’ala berfirman, “Wahai anak Adam, ketika engkau berdoa kepada-Ku dan mengharap (ampunan)-Ku, maka Aku mengampunimu atas dosa-dosa yang ada padamu dan aku tidak mempedulikannya. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu mencapai mega di langit kemudian engkau meminta ampunan kepada-Ku, maka Aku akan mengampunimu dan tidak mempedulikan (atas dosa yang engkau lakukan).” (HR. Tirmidzî)

Qatadhah ra berkata “Sesungguhnya Al-Qur’an telah menunjukkan kepada kalian penyakit kalian sekaligus obatnya. Adapun penyakit kalian adalah dosa-dosa, sedangkan obatnya adalah istighfar.”

2- Istighfar Merupakan Salah Satu Sebab Pendatang Rizki

Istighfar merupakan sebab utama untuk mendatangkan rizki, sebagaimana firman Allah yang mengisahkan tentang Nabi Nuh, “Maka aku katakan kepada mereka, “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (Nuh [71]:10-12)

Dalam ayat-ayat tersebut Allah menyatakan bahwasanya istighfar memiliki faedah sebagai berikut:

  1. Turunnya hujan yang silih berganti. Ibnu ‘Abbas menafsiri yang sangat deras dengan peristiwa fenomena turunnya hujan susul menyusul satu sama lain.
  2. Kebun-kebun dan taman-taman indah.
  3. Mengalirnya sungai-sungai yang airnya tawar.

Rasulullah saw bersabda, “Orang yang memperbanyak istighfar, maka Allah akan menjadikan kemudahan dalam setiap kesusahan, menjadikan jalan keluar dalam setiap kesempitan dan memberi rizki dari jalan yang tidak disangka.”(HR. Ahmad)

3- Istighfar Merupakan Penyebab Masuk Surga

Rasulullah saw dalam sebuah hadits menyatakan keutamaan dari bacaan Sayyidul Istighfar. Beliau bersabda “Barang siapa yang membacanya (Sayyidul Istighfar) pada permulaan siang hari dengan penuh keyakinan dan dia meninggal pada siang itu sebelum masuk waktu sore, maka dia termasuk ahli surga. Barangsiapa yang membacanya pada permulaan malam hari dengan penuh keyakinan dan dia meninggal pada malam itu sebelum masuk waktu subuh, maka dia termasuk ahli surga.” (HR. Bukhari)

4- Istighfar Dapat Menolak Siksaan Sebelum Ditimpakan

Sebuah kaidah yang sudah sama-sama kita kenal bahwa menjaga lebih baik daripada mengobati. Salah satu buah dari istighfar adalah Allah menjadikannya sebagai salah satu sebab diangkatnya siksa dan hukuman sebelum keduanya ditimpakan. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt, Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al-Anfal [8]:32).

5- Istighfar Merupakan Sebab Terangkatnya Derajat Setelah Meninggal Dunia

Sebagaimana istighfar memberikan manfaat di dunia, ia juga merupakan salah satu sebab diangkatnya derajat manusia di surga. Abu Hurairah meriwayatkan bahwasanya Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seorang hamba di surga. Hamba itu lantas bertanya, “Wahai Tuhanku, bagaimanakah aku mendapatkan semua ini?” Allah menjawab, “Disebabkan bacaan istighfar yang dilakukan oleh anakmu untukmu.”(HR. Ahmad)

Hadits tersebut merupakan dalil bahwa anak yang shalih—dengan seizin Allah—dapat memberikan manfaat kepada kedua orang tuanya di dunia dan di akhirat. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi, “Ketika seorang anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal; shadaqoh jariyah atau ilmu yang bermanfaat baginya atau anak shalih yang mendoakannya.”(HR. Muslim)

6- Istighfar Merupakan Sebab Bersihnya Hati

Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwasanya Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya jika seorang mukmin berbuat dosa, maka dalam hatinya akan terdapat noda hitam. Jika dia bertaubat, mencabut kembali (apa yang telah dilakukan) dan memohon ampunan, maka hatinya agar berkilat. Jika dia menambah dosa, maka akan bertambah hitam hatinya hingga hatinya menjadi tertutup.”

Dengan demikian, istighfar dapat menyebabkan  hati bersih dan mengkilat serta suci dari dosa-dosa dan kemaksiatan. Jika hati tidak dibersihkan, niscaya akan menyebabkan tertutupnya pintu hidayah.

7- Istighfar Merupakan Sebab Mendapat Nikmat Berupa Kesehatan dan Kekuatan

Salah satu dampak positif yang ditimbulkan oleh istighfar adalah Allah memberi barokah berupa kesehatan dan kesembuhan seseorang. Selain itu Allah juga menambah kekuatan, semangat dan aktivitas orang itu. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt yang diungkapkan melalui lisan Nabiyullah, Hud as, “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (Hûd [11]:52).

8- Bentuk Ketaatan Terhadap Perintah Allah

Allah memerintahkan dan menganjurkan supaya para hamba-Nya meminta ampunan kepada-Nya. Allah akan menjanjikan ampunan, pahala yang agung dan pemberian yang melimpah sebagai balasan atas istighfar.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (Ali ‘Imran [3]:133)

13 Tanggapan so far »

  1. 1

    Ahmad berkata,

    Maaf istighfar jangan di-iming-iming faedah pak haji, tapi istighfar adalah permohonan ampun kita kepada allah, dan istighfar dalam hal ini dibagi 2 yaitu istigfar ucapan dan laku. Dan Apabila kita benar-benar melaksanakannya dan itu tidak mudah (krn. tiap menit dan tiap detik kita berbuat dosa) tapi apabila ampunan itu datang maka janji allah yang tertulis dalam surah Hud tsb diatas pasti akan terjadi yaitu : dengan ciri-ciri hujan turun dengan deras, dan allah akan mencukupkan kebutuhan didunia. Jadi istigfar bukan untuk menurunkan hujan. Hati-hati orang bisa salah mengerti dan menyebabkan salah paham. Isi yang terkandung dalam istigfar sangat luas, ucapan dan pelaksanaan harus benar dan sebenar-benarnya menurut Qur’an

    • 2

      zweeta berkata,

      Lalu dalil yang mengiming-imingi faedah itu, maksaudnya untuk apa?

    • 3

      HADI WIJAYA SANTRIWAN berkata,

      kepada ahmad yang ngawur dan tidak ngerti, dari bacaan di atas tentang istighfar Pak haji Syafii Akrom , saya kira orang awam aja bisa mengert dan jelas karena arti Surah dari al Qur’an itu tersurat tidak tersirat. jadi yang hati-hati itu kamu dalam ngasih tanggapan, yang penting kita baca aja Istighfar sebanyak-banyaknya dalam hati tanpa kita harap pahala dan syurga tetapi karena menuruti perintah Alloh SWT nanti Alloh SWT mengerti sendiri kebutuhan sendiri…salam persahabatan!

  2. 4

    syafiiakrom berkata,

    @ Ahmad
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Bukan bermaksud mengiming-imingi, tapi itulah fadhilah yang didapatkan orang yang mau bertaubat dan beristighfar. Dengan adanya motivasi untuk beristighfar, semoga setiap orang mau beristighfar dan dampak positifnya adalah negara ini menjadi negara yang Islami dan dijauhkan dari segala musibah yang dewasa ini menimpa bangsa kita.

  3. 5

    Martoyo berkata,

    Apa yang dirasakan oleh orang sekelilingnya dari orang-orang yang bertaubat

    • 6

      orang bodoh berkata,

      Contoh yg nyata baik {sebagaimana para Nabi Allah memberi contoh nyata kepada ummatnya sehingga sekalipun byk yg menentang namun pasti ada yg tertarik untuk meniru perilaku baik beliau2}

  4. 7

    hamdi berkata,

    untuk pak Ahmad… di dalam islam ada istilah tarhib wa targhib (maaf agak susah ngartiin dlm bhs Indo) jadi fadhilah istighfar juga bagian dari targhib… justru anda pak Ahmad yang harus berhati-hati kalau anda menghilangkan nilai fadhilah dari suatu amal…

  5. 8

    rakai berkata,

    ass…di jaman yg bnyk org mengatakan jaman era globalisasi bnyk orang muslim yg hanya status aja ato ktp nya aja yg muslim/islam…tp tdk mengerti apa itu islam yg sesungguhnya…fadhilah setiap ayat suci al-quran sangat perlu diberitahukan supaya org yg tidak tau alquran menjadi tau…jd bukan hanya sekedar membaca aja tp tdk mengerti artinya….ironis sekali…

  6. 9

    nashrul mukmin berkata,

    Ass wrwb, Pak Kyai… kami haturkan ucpan trmksh atas tausyiahnya dan sekaligus kami mhn doa dari pak Kyai smg Alloh swt membarikan kegagahan serta kekuatan lahir dan batin sehingga kami mampu utk mengamalkannya. Slnjtnya kpd Pak Ahmad yg pintar… janganlah dalam mangkaji sesuatu itu hanya mlht kulitnya sj. Sprti anada mengartikan kata ”hujan” anda artikan scra dzohiri sj. Pdhl kata ”hujan” dlm Alquran bs bermakna sngt luas sekali. Bisa sj berarti ”rahmat,rizqi yg melimpah” dan makna lain yg hanya Alloh sendiri yg tau hakikat maknanya. Dan anda jg hrs ingatbhw dlm Alqur’an bnyk skli kalmt2 majas yg maknanya butuh pentakwilan oleh org yg ahli dg ilmunya.

  7. 10

    edi berkata,

    Subhanallah untuk mbah yai Yasir… dan Astaghfirullah untuk AHMAD…
    Salam ta’zdim saya Mbah Yai..

  8. 11

    slamet wahyudi berkata,

    alhamdulillah,subhanalloh apakah bila mengamalkan istigfar harus ada izasah guru…..asslamualaikum wr.wb.sam kenal jg

  9. 12

    Alfin berkata,

    Tingkatan qta belom tingkatan nabi wali tau ulama
    jadi qt perlu semangat dengan tau fadhilah
    qt saket mata maka harus tau fadhilahnya wortel vitamin A makanya qt semangat makan wortel

  10. 13

    Abdhe berkata,

    SubhanaAllah…semoga kita senantisa yg slalu meminta ampunan kpada Allah…..


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: